Hidup Hanya Sekali dan Itu Sudah Lebih dari Cukup

You know you’re in love when you can’t fall asleep because reality is finally better than your dreams.”—Dr. Seuss

Kita selalu diburu oleh kejadian-kejadian, baik itu menyenangkan, mengharukan, menyedihkan, maupun menyebalkan. Kalau boleh aku simpulkan, manusia terdiri dari untaian peristiwa kecil yang membentuk dirinya dan akan selalu berkembang. Peristiwa kecil ini, dapat kita sebut sebagai kehidupan.

Ada banyak cara untuk menjalani hidup. Setiap dari kita punya siasat jitu dengan caranya masing-masing dalam menghadapi kehidupan. Namun, aku kira ada satu hal yang dapat kita sepakati bahwa cinta adalah salah satu motivasi terbesar kita untuk tetap mengayuh roda kehidupan yang bebannya makin lama makin berat.

Ihwal cinta adalah mencintai dan dicintai. Keduanya memiliki peranan penting dalam kehidupan. Mereka berangsur-angsur menuntutmu untuk melakukan banyak hal: kadang irasional, berlebihan, jemu, banal, dan kita tetap melakukannya.

Perasaan itu, untuk pertama kalinya, membuat kita ingin betul-betul hidup. Perasaan mencintai membuat kita takut dan berpikir dua kali jika kita sedang mengendarai sepeda motor atau mobil dengan cepat. Perasaan mencintai membuat kita lebih mempertimbangkan baik buruk dengan muluk-muluk. Perasaan mencintai membuat kita jadi lebih peka dan mengerti terhadap orang lain.

Sementara dicintai, adalah perasaan yang membuat kita merasa hanya perlu hidup sekali saja. Mensyukurinya dengan berserah diri seperti melaksanakan kewajiban yang telah dititahkan oleh nasib untuk kita selesaikan; tanpa takut berjalan di antara cahaya redup. Perasaan itu membantu kita untuk mensyukuri segala hal yang telah hilang pada waktu-waktu yang telah lewat, dan menjadi lebih baik di kemudian hari untuk membalas perasaan ini—dicintai.

Perasaan cinta menghidupkan cahaya baru dalam hati kita. Kita mungkin hanya hidup sekali. Namun, ketika kita menemukan orang yang tepat, yang kita butuhkan memang hanya satu kali saja. Dan barangkali, itu sudah lebih dari cukup.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Top