Bicara Sendirian

Suatu hari saya mengunjungi diri saya yang lalu: saya yang dulu ingin menjadi orang yang pantas atau mampu berbicara di hadapan banyak orang; saya yang dulu lebih senang atas pencapaian-pencapaian orang lain lalu sengaja mengerdilkan apa yang telah saya miliki; dan, saya yang dulu juga sering kali memaksakan diri agar setidaknya ada satu hal dalam diri saya yang sesuai dengan standar orang lain. Selama saya mengunjungi diri saya yang lalu dari balik cermin, ternyata semua ini keliru.

Saya yang kemarin sering melihat apa yang hanya ada di permukaan dan lebih penuh hati memilih untuk mendapatkan keinginan, kini memilih untuk berjarak dari kesempurnaan orang lain. Nyatanya ribuan keinginan yang mengendap dalam kepala saya sebenarnya bukanlah hal yang benar-benar saya butuhkan. Pencapaian demi pencapaian milik orang lain juga tidak selalu bisa cocok dengan value diri saya sendiri. Pencapaian yang bisa kita terima dan kita banggakan ternyata bukan hanya perihal angka-angka, namun lebih daripada itu. Akan tetapi, sering kali saya mengesampingkan apa yang tidak bisa diukur dengan angka-angka tersebut. Hal inilah yang tampaknya membuat saya pun merasa tidak pantas atas diri saya sendiri.

Penerimaan saya berawal dari menyadari kekurangan yang ada dalam diri saya lalu memutuskan seperti apa jalan dan tujuan yang akan saya ambil. Bagaimanapun akhir dari sebuah tujuan, tidak perlu disisipi dengan banyaknya perbandingan. Hanya karena tujuannya berbeda, bukan berarti kita bisa menilai tujuan tersebut berdasarkan parameter milik kita sendiri. Menurut saya, adalah sebuah kesalahan kalau kita tetap membandingkan diri dengan orang lain karena sedari awal, ketika kita mulai menjalani kehidupan ini lalu dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang membersamai kita bertumbuh, itu pasti sangat berbeda. Bahkan mungkin parameter kehidupan manusia yang satu juga berbeda dengan manusia lainnya. Kenyataannya, diri kita tidak benar-benar paham bagaimana pikiran dan perasaan tiap manusia itu berjalan.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Top