Buat Apa Terburu-buru?

Tidak perlu repot-repot berkompetisi atau sibuk membandingkan hidup dengan orang lain. Menjadi lebih baik dari diriku sendiri di masa lalu saja sudah sulit, kerap kali kerepotan, dihujani banyak air mata, dan menghabiskan banyak energi.

Setiap hari bertanya, ”Hari ini kamu sudah melakukan apa? Sudah mencoba yang terbaik atau belum ya?” Percayalah, pertanyaan itu lebih sukar dipecahkan ketimbang soal matematika.

Daftar keinginan yang disusun untuk masa depan jadi bahan overthinking setiap malam. Takut nanti sudah mengorbankan banyak hal tapi masih gagal; takut nanti sudah percaya diri ternyata patah, terbelah menjadi kepingan.

Berkutat pada opsi a atau b yang kadang sudah dipikirkan matang-matang masih salah pula mengambil keputusan. Ingin berkembang melesat dengan cepat, tapi sayang kerikilnya banyak atau malah lantainya terlalu licin sehingga cepat namun tak berarah.

Terlampau sering orang-orang bertanya; kenapa aku terlalu pemikir, kenapa aku terlalu kaku menjalani hidup. “Jangan terlalu perfectionist jadi orang.” Untukku, itu seperti sebuah penghakiman ketimbang nasihat atau pengingat.

Tertanam kuat-kuat dalam diri bahwa tidak keberhasilan yang bisa dibagi, kegagalan itu mutlak ditanggung sendiri. Alasan itu yang membuatku berlari tanpa henti dari pagi sampai malam hari. Rasanya 24/7 masih terlalu amat sedikit untuk bisa mengejar agendaku.

Aku tidak bisa mengelak bahwa memang tanpa sadar, ambisi sering mengambil alih hidupku, mencengkeram diriku kuat-kuat lalu meninggalkan luka yang sulit hilang bekasnya. Entah sejak kapan aku punya harapan sebanyak itu, hendak mencapai semua dalam satu waktu, hendak dikerjakan semua secara bersamaan.

Hingga pada suatu titik aku sadar, bahwa aku tidak perlu terburu-buru. Sesederhana kalau lelah ya istirahat, kalau sakit ya sembuhkan dulu lukanya. Harus bisa menerima dulu bahwa semua tidak bisa berjalan seperti apa yang aku mau, baru setelah itu jalan keluarnya terlihat dan ternyata tak serumit dugaanku.

5 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
berbedakata
berbedakata
12 days ago

Kuereenn !!

regitaa
regitaa
11 days ago

thank you!<3

Top