Selamat Ulang Tahun, Ibu Pertiwi.

untuk yang berulang tahun hari ini, Indonesiaku.

hari ketujuh belas di bulan Agustus, negara yang sudah merdeka ini masih berjuang melawan penjajah—wabah penyakit—sejak akhir Januari.

aneh rasanya merasakan atmosfer “tujuh belasan” di tengah-tengah pandemi seperti sekarang; tidak aman, was-was, dan penuh ragu.

pada tujuh puluh lima tahun usiamu ini, aku masih meletakkan harapan-harapan besar yang semoga aku dan ribuan anak-anakmu dari ujung timur hingga ujung barat, bisa mewujudkannya.

sekarang yang utama adalah sembuh dari segala duka yang melekat pada anak-anakmu; kemiskinan, pengangguran, penyakit, kebodohan, mental inlander, intoleran, pesimistis, dan hal-hal memprihatinkan lainnya.

ibu, membuatmu susah seperti sekarang bukanlah keinginan, takdirnya memang kita sedang dihadapkan oleh cobaan yang entah untuk ke berapa kalinya, tunggu kami sebentar lagi ya?

ibu, mereka bilang sayang padamu, ada yang beri jiwa raganya, ada yang beri waktu berharganya, ada yang beri nyawa tunggalnya, dan ada yang beri omongan belaka.

ibu, kata maaf tak akan pernah cukup untuk kembalikan sukacita dan keberhasilan yang hilang, pudar, dan tertutup oleh apa-apa saja yang buat kau jatuh sakit.

ibu, aku padamu masih sama, masih mendamba penuh cinta, dan aku janji akan selamanya seperti itu.

tahun ini tepat tujuh belas tahunku bersamamu, aku selalu bangga, aku selalu penuh cita, dan aku selalu bersyukur karena betapa aku beruntung memilikimu sebagai rumahku.

selamat, selamat, selamat ulang tahun, ibu pertiwi. aku janji tidak akan malas lagi kala menyanyi lagu kebangsaan tiga stanza saat upacara bendera dan memulai pelajaran pertama.

dirgahayu indonesiaku, aku padamu selalu cinta.

13
Leave a Reply

avatar
7 Comment threads
6 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
8 Comment authors
NawraaaArdhyaTaaGitadea p Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Michelle
Guest
Michelle

Bagus bangett😭❤

Satufatwa Hanin
Guest
hanin

makasiii♡

salwaa
Guest
salwaa

nin bagus bangeeet 😭❤

Satufatwa Hanin
Guest
hanin

thank youu♡

dea p
Guest
dea p

uuuuu haninnnnn~ ↖(^ω^)↗

Satufatwa Hanin
Guest
hanin

deaa thanks udah mau bacaa(。’▽’。)♡

Gita
Guest
Gita

Bagus bgt,ibu pertiwi pasti bangga punya anak bangsa kaya kamu✨😭

Satufatwa Hanin
Guest
hanin

aamiin aamiin yaa allaah

Taa
Guest
Taa

Bagus huhu, bangga banget aku sama kamu😭

Satufatwa Hanin
Guest
hanin

yaa allaah makasiih tiaa

Ardhya
Guest
Ardhya

cara penulisannya bagus, hal yang mau disampaikan juga dapet, dan intinya aku sukaaaa 😘

Satufatwa Hanin
Guest
hanin

terima kasiihh mba cantiiik <3

Nawraaa
Guest
Nawraaa

UwU pantesan nih masuk 15 besar lomba puisi, emang berbakat sih ini 😍 kebahasaannya juga bagus gak kayak aku yg masih belepotan 😭 Mba tanggal lahirnya kapan yaa. Oh iya ajarin dong! Cara nulis di blog gini, maaciw :*

Top