Menerima Perubahan

“Kamu berubah ya sekarang,”

Kalimat ini biasanya diucapkan dengan nada kecewa, tidak terima bahwa kesayangannya kini sudah tidak seperti siapa yang ia kenal beberapa waktu yang lalu.

“Berubah apanya?”

Kalimat balasan, yang mungkin lebih baik tidak diucapkan. Bukan karena tidak mau merespons, tapi hanya minimalisasi potensi konflik yang bisa terjadi setelah ini.

“Semuanya, kamu enggak seperti yang aku kenal dulu.”

Apa aku bilang. Sudah jangan jawab lagi. Lebih baik kamu biarkan dia menyampaikan maksudnya, tanpa kamu mengintervensi. Karena sedari awal, intonasi bicaranya seperti nada sumbang yang bisa membuat hati meradang.

Bukan, bukan aku bermaksud mengempas hubungan kamu dengan dia. Jika kamu masih sayang, pertahankan saja. Tapi aku ingin berpesan, jika dia tidak menerima perubahanmu saat ini barang sedikit, untuk apa kamu memperjuangkan dia?

Bukankah kita ini dituntut untuk terus berubah untuk bisa tetap hidup?
Bukankah kita harus terus bertumbuh, beradaptasi di tengah dunia tipu-tipu ini?
Bukankah kita ini insan yang terus belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya?
Bukankah kita sedang memperjuangkan perubahan dalam diri sendiri yang selalu ada kurangnya?

Jika dia meminta kamu tetap sama seperti dulu, mungkin ia menganggapmu boneka yang perubahannya hanya karena debu. Mau?

Bertumbuh itu sakit, perubahan juga.

Dan bagiku, hubungan yang baik adalah kita yang sama-sama mau menerima perubahan. Baik atau buruk itu relatif, yang penting kita bisa sama-sama mengambil pelajaran dari proses itu.

Seperti kata seseorang yang aku lupa siapa, salah satu kunci dalam hubungan itu mau saling belajar terus memahami satu sama lain.

“Kamu adalah satu, yang tidak akan ada habisnya untuk aku pelajari,”

Iya, begitu kalimat manisnya. Jadi pesanku; berubahlah, biar aku bisa belajar lagi hari ini. Berubahlah, karena kamu adalah lembaran buku yang tidak akan ada habisnya untuk aku pahami.

Berubahlah, biar kita bertumbuh lagi pagi ini.

Begitu ya, aku.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Top