Beranjak dari Masa Lalu

Merawat kenangan memang baik, tapi mengenang hal terlalu lama juga tidak baik. Aku sudah mengalami itu: hidup dalam kenangan masa lalu. Padahal banyak yang harus aku persiapkan untuk masa depan, tapi aku terus melihat ke belakang.

Itu aku yang dulu. Sekarang tidak lagi. Setidaknya aku berusaha untuk tidak lagi seperti itu.

Apa yang menyadarkanku bahwa aku harus berhenti hidup di masa lalu? Jawabannya ialah kenyataan.

Kenyataan bahwa apa yang ada di masa lalu tidak bisa kembali. Bahwa seiring berjalannya waktu, semua hal bisa berubah. Dunia berubah, aktivitas berubah, beberapa orang ada yang pindah, ada juga yang pergi. Tak selamanya keindahan di masa lalu bisa kita rawat dan kita jaga sampai saat ini. Senyata-nyatanya semua kejadian di masa lalu, itu hanya masa lalu. Sekarang pasti berubah, termasuk orang, perasaan, hubungan, ikatan.

Setelah menyadari hal itu, berkali-kali aku mengatakan: berhenti melihat ke belakang, berhenti hidup di masa lalu, berhenti mengharapkan yang sudah berlalu. Berhenti membuang-buang waktu.

Daripada terus menoleh ke belakang, aku memilih untuk menjalani hari ini dengan maksimal.

Hari-hari indah di masa lalu sudah berakhir. Daripada mempertahankan hari-hari yang sudah berlalu, bukankah lebih baik untuk menciptakan hari-hari indah di masa depan? Daripada terus terikat dengan kenangan bersama orang-orang yang sudah pergi, rasanya lebih baik mempersiapkan diri untuk menemui orang-orang baik di masa depan.

Perubahan memang tidak mudah. Tidak mudah membiasakan diri dengan hal-hal yang masih terasa asing. Namun, tidak mudah bukan berarti akan selamanya sulit. Akan ada waktunya untuk kita bisa mulai terbiasa, seperti bagaimana kita terbiasa dengan hal-hal yang telah mengantarkan kita sampai pada hari ini.

5 6 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Dindasaurus
Dindasaurus
20 days ago

Bangkit dari masa lalu tu sulitttt tapi karena baca ini, yah sedikit banyak jadi punya semangat buat lebih banyak liat ke depan. Arigatouu

Styrinii
Styrinii
6 days ago
Reply to  Dindasaurus

🙂 tertampar banget, sering menyesali masa lalu sampai yaaa pengen banget muter waktu ke belakang

selma
selma
14 days ago

🥺🥺👍

Top