Ruang Bahagia

Jangan berdusta pada semesta. Sejatinya mereka sudah tau segala rencana yang kita susun, hanya saja mereka memilih untuk diam. Memperlakukan kita dengan halus, mengalir seiring waktu berjalan.

Jangan berdusta untuk sebuah kata bahagia. Terlalu banyak orang menafsirkan sebuah kebahagiaan dari perspektif lingkungannya, bukan nurani yang mereka miliki. Sejenak jika dipikir-pikir, kita seakan hidup untuk mencari kekaguman atas status sedang bahagia, bukan mengapresiasi hidup untuk selalu bahagia.

Begitu banyak yang berusaha bahagia demi sekadar dianggap bahagia. Mereka rela membayar mahal setiap sandang, pangan, dan papan untuk selalu terlihat paling bahagia. Lalu setelah mendapat banyak pengakuan, mereka akan berpikir lebih keras untuk mendapatkan segala aspek lain yang bisa dipamerkan ke massa.

Banyak juga yang berlomba-lomba menjadi penguasa, menjadi raja dari lingkup kecil mereka. Mereka ingin mengendalikan hidup orang lain, mengatur tinggi-rendahnya harga diri orang-orang di bawah mereka, bahkan parahnya, ingin membeli waktu. Padahal,  pendewasaan manusia bagaikan sebuah proses, selalu berlanjut. Semakin tua, semakin matang. Seharusnya mereka semakin tau mana yang baik dan buruk,  pun sejatinya kian bijaksana untuk memahami celah-celahnya.  Manusia memang selalu tidak puas, bahkan saya, namun setidaknya cobalah untuk selalu belajar bahagia tanpa memperburuk pola pikir dan merugikan orang lain.

Seperti ini, tidak ada undang-undang untuk setiap kebahagiaan. Tidak ada minimal dalam segala kesedihan. Jika massa dapat menentukan seberapa pantas seseorang dianggap sempurna, lantas apakah kalian rela jika sepatah kata bahagia memiliki intensitas yang diiringi batas?

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ambar Sate
Ambar Sate
2 years ago

Yaa.. kereen..
Mari menggila bersama, untuk bisa bahagia setiap saat…

Andien
Andien
2 years ago

Terimakasih untuk tulisannya yang membuat kita semakin sadar untuk lebih bersyukur

Shofia
Shofia
2 years ago

It’s a WOW,.ditunggu karya2 menggugah berikutnya kakak iyes 🙂

Ehsaniah
Ehsaniah
2 years ago

Setiap mereka punya cara sendiri untuk bahagia.
Jangan menjudge cara orang lain berbahagia.
Kamu bukanlah Tuhan. Jadilah pengiring untuk sebuah kebahagiaan bukan pembatas.
#menjadi manusia ❤
Kerennn bgt asli

Larkspur
Larkspur
2 years ago

Semoga segera di buat podcast. Ini indah banget!

Top