Kirim Tulisan

Menjadi Manusia menerima tulisan-tulisan dari kontributor lepas untuk dipublikasikan di dalam situs web kami. Tulisan yang kami himpun terbagi ke dalam empat tema besar, yaitu:

Perasaan

Perasaan kita valid. Segala macam perubahan yang terjadi di dalamnya pun tidak lantas membuat kita sebagai manusia yang kurang. Sudah sewajarnya, sebagai makhluk yang terus berproses, kita bakal terus merasa. Tumpahkan kesedihan, keresahan, kegembiraan, atau keyakinan hatimu terhadap suatu hal di sini.

Pertemanan

Hidup rasanya kurang tanpa kehadiran orang lain. Dari mereka kita banyak belajar. Kadang dengan memberi kepada mereka, kita seolah tercukupi. Tuliskan lika-liku hubunganmu dengan manusia lain pada kategori tema ini.

Kekeluargaan

Bagi beberapa orang, keluarga adalah alasan untuk pulang. Mereka pula tempat merangkak dan mengeja kata; pemicu air mata dan keinginan untuk pergi dari rumah. Tuangkan cerita-cerita yang mengingatkanmu kepada keluarga di sini.

Pekerjaan

Menjadi dewasa adalah keharusan yang ingin sekali rasanya kita tampik. Seolah-olah, semua terjadi begitu cepat: rekening kosong, projek bernilai tinggi, efisiensi tenaga kerja, inisiatif meluncurkan bisnis berdikari. Ceritakan kisahmu dalam membanting tulang pada tema ini.

Keempat tema tersebut dapat kamu kemas melalui dua jenis tulisan, yakni fiksi dan nonfiksi. Untuk kategori fiksi, kami menerima karya puisi, prosa, dan cerpen. Ketiganya bebas dari ketentuan jumlah kata. Sementara itu, untuk kategori nonfiksi, kami menerima karya esai dan opini. Esai di sini adalah tulisan mendalam berupa analisis terhadap suatu isu; dilengkapi dengan riset sebagai data pendukung; berjumlah 500–800 kata. Di lain sisi, opini di sini adalah tulisan sederhana dengan topik tertentu berjumlah 300–600 kata.

Berikut syarat dan ketentuannya, sila dibaca baik-baik ya, semuanya sudah tercantum jelas:

  1. Naskah merupakan karya asli penulis, bukan plagiasi, bukan saduran, bukan sekadar kompilasi dan rangkuman pendapat orang lain.
  2. Kirim naskah ke email [email protected] dengan subjek sesuai tema tulisan (Perasaan/Pertemanan/Kekeluargaan/Pekerjaan), dengan mencantumkan format berikut di badan email: Nama Penulis, Jenis Tulisan (Puisi/Prosa/Cerpen/Esai/Opini), dan Judul Tulisan.
  3. Naskah atau tulisan harap dilampirkan dalam bentuk dokumen Microsoft Word atau Google Docs.
  4. Naskah belum pernah dimuat di media atau penerbitan lain termasuk blog pribadi.
  5. Kontributor baru (yang tulisannya belum pernah dimuat di Menjadi Manusia) wajib melampirkan identitas yang terdiri dari nama lengkap, foto pribadi, domisili, akun media sosial, nomor kontak, serta biografi atau profil singkat tentang penulis.
  6. Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan.
  7. Kontributor berhak menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal satu minggu setelah tayang di Menjadi Manusia, dengan syarat mencantumkan bahwa tulisan tersebut pernah diterbitkan di situs web Menjadi Manusia.
  8. Jika setelah dua minggu tulisan yang dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, Kontributor berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke tempat lain.
  9. Sebelum tulisan ditayangkan, Menjadi Manusia berhak menyunting tulisan kontributor.
  10. Kontribusi tulisan di Menjadi Manusia bersifat relawan, kami tidak pernah meminta dan memberi pembayaran dalam bentuk apa pun.
Top