Kirim Tulisan

Teruntuk kalian yang gemar menulis, Menjadi Manusia memuat tulisan-tulisan untuk di publikasikan di website kami. Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca untuk beberapa kategori, di antaranya:

Kudapan, Meski sering disajikan sebagai pelengkap, kudapan tidak pernah ketinggalan di setiap perjamuan. Ia menjelma karya yang terus berproses dan tidak pernah habis dalam melahirkan pemaknaan baru. Rubrik ini berisi yang ringan-ringan namun tidak jarang juga mengandung hal-hal yang tidak dapat ditafsir sepenuhnya, seperti Puisi, Prosa Pendek (Flash Fiction/Fiksi Mini), dan Cerita Pendek.

Perspektif, Dalam menjadi manusia, Perspektif menguap di mana-mana. Mereka menjadi buah bibir, respons, diskusi panjang, penilaian, bahkan tolok ukur. Rubrik ini berisi opini-opini, esai, jurnal perjalanan, resensi, dan karya non-fiksi lainnya.

 

Berikut syarat dan ketentuannya, sila dibaca baik-baik ya, semuanya sudah tercantum jelas:

  1. Naskah merupakan karya asli penulis, bukan plagiasi, bukan saduran, bukan sekadar kompilasi dan rangkuman pendapat orang lain.
  2. Kirim naskah ke email editor kami ke [email protected] dengan subjek sesuai nama rubrik (Kudapan/Perspektif), dengan mencantumkan format berikut di badan email: Nama Penulis, Bentuk Karya (Cerpen/Puisi/Esai/Resensi/dll) , Judul Tulisan.
  3. Naskah atau tulisan yang dikirimkan harap dilampirkan dalam bentuk dokumen Microsoft Word atau Google Docs.
  4. Naskah belum pernah dimuat di media atau penerbitan lain termasuk blog pribadi.
  5. Kontributor baru (yang tulisannya belum pernah dimuat di Menjadi Manusia) wajib melampirkan identitas yang terdiri dari nama lengkap, foto pribadi, domisili, akun media sosial, nomor kontak, serta bio atau profil singkat tentang penulis.
  6. Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan.
  7. Kontributor berhak menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal satu minggu setelah tayang di Menjadi Manusia, dengan syarat mencantumkan bahwa tulisan tersebut pernah diterbitkan di Menjadi Manusia
  8. Jika setelah dua minggu tulisan yang dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, Kontributor berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke tempat lain.
  9. Sebelum tulisan ditayangkan, Menjadi Manusia berhak menyunting tulisan kontributor.
  10. Kontribusi tulisan di Menjadi Manusia bersifat relawan, kami tidak pernah meminta dan memberi pembayaran dalam bentuk apapun.
Top