Cinta Multimakna

Apa makna yang tebersit di kepalamu saat disudutkan dengan kata cinta?

Apakah kala dua insan saling menautkan tangan, mengucap janji yang seringnya tak sepadan dengan kenyataan, saling topang mimpi, harapan, dan masa depan manis yang diagung-agungkan?

Atau kala rasa senang yang hinggap saat jalan berdampingan dengan sahabat, melewati naik turunnya hidup yang kadang kaupikir tak akan sanggup untuk dilewati, tak lupa pula satu dua gurau yang jadi bumbu penyemangat?

Atau kala kaulihat peluh bapak dan lelah ibu di penghujung hari saat kau hendak hampiri, minta manjamu dituruti, kemudian mereka balas dengan seukir senyum, anggukan kepala, serta bonus sepaket doa yang dilantunkan sedari larut hingga jelang fajar?

Atau kala rasa lekat yang justru hadir pada orang yang tak lama kaukenal, bermodalkan label “sesama” lantas kauberi dan sisihkan sekian bagian dari dirimu untuk meringankan dan memudahkan jalan serta hidupnya?

Ada begitu banyak makna cinta yang dapat dicerna kepala. Tak ada yang paling benar dan salah. Masing-masing bermukim dan akan kembali pada pikiran tuannya sendiri.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Top