Kembali Aku Berlayar Pelan

Masa depan seperti apa yang akan aku tuju? Pertanyaan itu menjadi hal yang bising di kepala entah untuk berapa kian waktu. Hilang arah, seketika lupa apa yang dipinta dalam lubuk jiwa. Anganku akan jadi apa kelak? Seniman? Perancang? Pujangga kondang? Tak sadar pencarian jati diri menjadi perjalanan yang panjang dan tak kunjung usai.

Lelah dan marah sekali rasanya, ketika banyak di sekitarku yang telah jauh melangkah, sedang aku masih di sini, seakan tak bergerak ke mana-mana. Kolega yang pergi satu per satu meraih impiannya di negeri orang, kawan lama mengikat janji sehidup semati pada ia yang tersayang. Sedangkan aku? Aku tak ke mana-mana. Diam seribu gamang. Bersitatap pada kalut yang bersikeras menetap.

Tak jarang aku pun menyalahi diri sendiri. Mengapa tak pernah cukup? Mengapa tak pernah bisa jadi lebih dari yang kau sanggup? Terus-menerus hingga akhirnya kusadari, bahwa hidup bukan lomba lari. Semua memiliki medan perangnya masing-masing, memperjuangkan apa yang harus diraih seorang diri. Lantas, mengapa aku harus rendah diri?

Aku cukup dan itu yang perlu aku tahu. Semua yang kupunya, segala yang kuupaya, adalah apa yang telah dituliskan kepadaku dan tak ada lagi kata yang pantas aku panjatkan selain syukur. Aku punya aku, dan itu yang perlu ‘ku tahu. Aku memahami bahwasanya diriku bisa jauh lebih baik dari saat ini, tetapi tak perlu kupaksakan proses itu untuk validasi orang lain. Aku maju karena inginku, bukan karena atensi atau tepuk tangan basi. Akan kuraih segala mimpi dan tuju karena yang ‘ku tahu, aku pantas mendapatkan itu.

Tidak ada lagi rasa takut, tak ada lagi rasa malu yang mengganggu. Akan kugapai impianku satu per satu tanpa bersitan ragu. Sebab yang ‘ku tahu, aku cukup tangguh dan layak meraihnya. Masa depanku berada di ujung sana, menungguku untuk bertemu dan saling bertegur sapa. Perjalanan masih panjang. Namun aku akan terus mendayung, lepas dari badai kalut dan kembali berlayar laun.

4.4 8 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Top