Memanusiakan Diri Sendiri, Sudahkah?

Dunia melaju amat kencang. 24 jam terasa singkat. Ada perasaan aku akan tertinggal jika berhenti. Sejak aku menyadari bahwa aku banyak bermimpi, dan banyak keharusan untuk dilakukan, aku melaju tanpa spasi, tidak mau berhenti, lelah pun biarkan saja. Aku enggan berjalan lebih lambat meskipun lelah makin hari makin dirasa. Dunia terus menuntutku berlari tanpa jeda. Aku dan manusia lain seperti digiring untuk terus berlari sekencang-kencangnya seolah jika aku berhenti, aku telah melakukan sebuah kesalahan besar. 

Satu minggu berlalu, sebulan berlalu, masih terasa banyak yang belum dilakukan. Berkompetisi dengan dunia hingga lupa pada diri sendiri. Aku mengejar apa sebenarnya? Kenapa aku terus berlari dan membiarkan diri sendiri terlalu lelah hingga aku tidak mengenal diri sendiri? Mulailah aku membuka catatanku, tempat setiap hal yang kumau ada. Aku ingin banyak hal memang, namun banyak hal itu memiliki satu tujuan yang sama, yakni berbahagia dan menerima diri. Ya, yang aku mau adalah berbahagia dengan menjadi versi terbaikku dan menerima diri, bahwa setiap aku menemukan hal baik dariku, aku pun harus menerima hal yang kurang berkenan pada diri. 

Sering kita berusaha untuk memahami orang lain, tapi lupa jika diri ini butuh dipahami juga, butuh dimanusiakan. Sering kita merasa tidak enak kepada orang lain, tapi tidak enak dengan diri sendiri tidak pernah. Kita sering mengungkapkan terima kasih dan maaf pada orang lain, tapi lupa berterima kasih dan meminta maaf pada diri sendiri. Memanusiakan orang lain mungkin mudah, tapi memanusiakan diri sendiri sering terlupakan. Berlari untuk mengejar dunia bukan sebuah tujuan benar. Berlarilah untuk self-goals dan mengapresiasi diri. Ketika lelah, berhenti sejenak. Jangan merasa bersalah. Kamu adalah manusia yang perlu keseimbangan diri. Kamu adalah manusia yang butuh berjuang dan beristirahat juga. Selamat berjuang, jangan lupa memanusiakan diri sendiri! 

5 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Top