folder Filed in Adalah, Prosa
Langit dan Bumi
Seperti langit dan bumi yang merupakan bagian dari kebesaran semesta. Kita, adalah bagian dari ketulusan perasaan cinta.
Annisa Tri Mustika comment 0 Comments access_time 1 min read

Langit dan bumi adalah suatu kelengkapan, bukan pembedaan.

Semua insan tahu bagaimana proses evaporasi terjadi saat begitu banyaknya kumpulan air di muka bumi mengalami penguapan. Uap air itu yang akan naik dan berkumpul untuk menggelapkan langit sebagai awan hitam. Murung, kelam. Pada saat itu, langit akan dengan segera membutuhkan bumi untuk menjatuhkan hujannya. Tanpa ragu ia menumpahkan rasa, mencari rasa lega, untuk kembali mendapat cerah. Begitu pula pada saat yang sama, bumi tahu bahwa hujan itu yang kemudian membuatnya tumbuh. Meski seringkali datang dengan sangat deras, bersamaan dengan gemuruh dan kilat, tetapi bumi tetap menerimanya. Ia tahu benar bahwa hujan deras dari langit yang membuatnya hidup.

Orang-orang benar-benar harus berhenti menjadikan langit dan bumi sebagai istilah untuk membedakan hal yang mereka anggap begitu signifikan. Seringkali mereka merendahkan bumi hanya karena berada pada jarak yang begitu jauh di bawah langit. Menganggap seolah bumi sulit bangkit, tetap rendah dan mengalah kepada langit yang tinggi dan luas tanpa batas, tanpa tahu cerita tentang bagaimana keduanya bergantung untuk tujuan satu siklus hidup yang pantas.

Menetap rendah di daratan untuk mencari rasa aman tidak lantas menjadikanmu sebagai bumi yang seringkali mereka cap mudah untuk diinjak-injak. Sementara memiliki karir dan mimpi yang tinggi tidak lantas menjadikan ia sebagai langit yang mereka pikir akan begitu sulit untuk diraih. Tidak ada yang perlu berkecil hati, tidak pernah ada yang lebih. Pada akhirnya langit dan bumi hanya dua hal yang berasal dari pencipta yang sama, yang dapat saling melengkapi kemudian menjadi bagian dari semesta.

Sama halnya seperti ia dan diriku yang sebenarnya hanya sama-sama seorang manusia.


Previous Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cancel Post Comment