Meraba Kepastian

Habis Gelap Terbitlah Terang, rupanya slogan ibu pahlawan mulia itu memiliki makna mendalam untuk perihal kehidupan. Kebahagiaan datang selepas keterpurukan. Keterpurukan adalah sebab hadirnya kebahagiaan. Banyak orang mengartikan jika terpuruk hanyalah sebuah imbas dari masalah yang sulit untuk usai dan tak jarang mereka yang terpuruk ialah seseorang yang sering menggebu jika hidupnya adalah yang terburuk. Tidak, jika saja mereka lebih berusaha untuk membuka hati, percayalah tak akan lagi terdengar bualan konyol semacam itu. Jika sebuah benda diciptakan untuk bermanfaat apalagi dengan manusia, diciptakan-Nya untuk bermakna. Tuhan menghadirkan umatnya sebab Ia yakin jika mahluknya layak untuk berbahagia dengan cara yang luar biasa.

Sering kali kita lupa bahwasanya kebahagiaan yang abadi ialah hasil dari keterpurukan itu sendiri. Mari sedikit berpikir, bayangkan kita sebagai manusia amat mustahil jika pernah merasa bahagia tanpa pernah sebelumnya merasa terpuruk akan peliknya sebuah masalah. Saat kita bertahan pada posisi terendah lantas bangkit dan pada akhirnya kita sampai di titik teratas hidup, di saat itu pula bahagia muncul membawa kedamaian, tentunya diawali dengan kesedihan yang melelahkan. Oleh karenanya, keterpurukan ialah anugrah bukan musibah, bagi mereka yang mampu untuk memaknai.

Kebahagiaan datang dengan diusahakan, tapi kebahagiaan dapat datang hanya dengan dirasakan. Sederhana, seperti saat engkau dapat tertidur tenang walau dunia sedang mengujimu dengan guncang. Pula saat engkau mampu berpikir rasional di saat semesta merundungmu dengan kejam kemudian engkau bersyukur setelahnya. Atau, saat engkau tenggelam dalam candaan bersama kawan yang telah lama tak bersua. Semua itu adalah bahagia yang tentunya dapat kau rasa. Tidak ada manusia yang tak bahagia, jikalau ada, mungkin dirinya belum genap memahami esensi bahagia dalam hidupnya.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
AeniSyadya Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Syadya
Guest
Syadya

❤❤❤

Aeni
Guest
Aeni

Indah

Top